Tuesday, August 2, 2011

Camelot?

sebenernya, maksut di sini itu lebih menjelaskan kenapa gue bersusah payah mencari dan mengedit sebuah puisi zaman renaissance yang bahkan gue sendiri awalnya gak tahu-menahu maksut dari puisi itu. awal gue mengetahui puisi ini, itu karena gue membaca sebuah novel karya Meg Cabot, "Avalon High".


novel tersebut mengisahkan kehidupan Ellie Harisson, seorang gadis yang harus rela menerima nasib sebagai anak seorang profesor yang sedang di-sabatikal, membuatnya harus pindah mengikuti orang tuanya dari satu spot ke spot lainnya dalam rangka menyelesaikan penelitian tentang kehidupan di zaman King Arthur. mereka selalu berpindah-pindah dalam jangka waktu yang relatif sebentar. hingga sampailah ia di sebuah sekolah bernama SMA Avalon. tanpa disangka, Ellie akan menjalani masa SMA nya di SMA Avalon sampai lulus. di sana, ia berteman dengan Will, si presiden kelas senior, seorang quarterback, dan idola semua gadis. Lance, sahabat Will, dan atlet futbol. Jennifer, si cheerleader. dan Marco, si pembuat onar, badboy, dan saudara tiri Will. mulanya, Ellie mulai terbiasa dengan kehidupan barunya. tapi lama-kelamaan, ada sesuatu yang aneh. semua orang di SMA Avalon seperti memainkan sebuah peran, tokoh-tokoh dari zaman King Arthur. seperti Lance yang menjadi Sir lancelot, Jen sebagai Guinevere, Marco sebagai Mordred, dan Will sebagai King Arthur. lalu, siapa sebenarnya Ellie? peran apa yang dimainkannya?
Image Source

Indonesia Edition
nah, kembali ke masalah awal.di dalam novel ini, Ellie yang awalnya diduga menjadi Elaine of Astolat--sesuai sama asal-usul namanya--ternyata meleset, malah jadi the Lady of the Lake--yang ngebawain King Arthur Excalibur waktu bertarung sama Mordred--didukung sama hobinya yang suka merendam diri di air (emmh. yg ini agak ngawur~). gue tertarik sama si Elaine of Astolat ini. karena setelah gue cari-cari, the legend was so deeply tragic. puisi "The Lady of Shallot" ini dibuat Sir Alfred Tennyson berdasarkan kisahnya si Elaine. 


jadi gini kisahnya... 
Lady of Shalott adalah makhluk ajaib yang tinggal sendirian di sebuah pulau yang terletak di hulu Camelot milik King Arthur. tugasnya adalah melihat dunia luar jendela kastil dari sebuah cermindan menenun apa yang ia lihat ke permadaniia dilarang oleh sebuah sihir untuk melihat dunia luar secara langsung. para petani yang tinggal di dekat pulau itu mendengar nyanyiannya dan tahu siapa diatetapi tidak pernah melihatnya.
Lady melihat orang biasapasangan yang sedang penuh kasihdan berpasang-pasang ksatria tercermin dalam cermin miliknya. suatu hariia melihat refleksi dari Sir Lancelot sedang berkuda sendirian. meskipun dia tahu bahwa itu dilarangdia mengintip keluar jendela untuk melihatnya lebih jelas. tiba-tiba cermin itu hancur, permadaninya  diterbangkan angindan Lady merasakan kekuatan kutukannya
.
sebuah badai musim gugur tiba-tiba muncul. wanita itu meninggalkan istananyamenemukan perahu, lalu dia menulis namanya di atasnya. kemudian ia masuk ke perahu, mengapungkan perahu itu, dan menyanyikan lagu kematian saat ia melayang menyusuri sungai ke Camelot. penduduk setempat menemukan perahu itu dan tubuhnya, menyadari siapa diadan semuanya bersedihLancelot berdoa agar Tuhan mengampuni jiwanya.



sounds catchy, rite?

No comments:

Post a Comment

 
;